Langsung ke konten utama

Penerapan Komputasi Modern - Website eBay

Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma. Kalau sebelumnya komputasi dan perhitungan umumnya dilakukan dengan menggunakan kapur atau batu tulis, pena, kertas, ataupun dikerjakan secara mental dan kadang-kadang dengan bantuan suatu table, namun sekarang ini, dengan berkembangnya zaman kebanyakan komputasi telah menggunakan computer, oleh karena itu komputasi yang menggunakan komputer ini disebut dengan Komputasi Modern.

Sejarah Komputasi Modern

Komputasi modern ini pertama kalinya digagaskan oleh seorang ilmuan yang bernama John Von Neumann. Dialah orang yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. 
Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann memberikan berbagai sumbangsihnya dengan cara meningkat karya–karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. 
Selain itu, Von Neumann juga merupakan seorang ilmuan yang sangat berperan penting dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II silam. Dan berkat kepiawaian Neumann di bidang teori game inilah ia bisa melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang akhirnya melahirkan sebuah computer.

Jenis-Jenis Komputasi Modern

Jenis -jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

  1. Mobile computing yaitu metode komputasi bergerak sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contohnya GPS
  2. Grid Computing menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Komputasi grid dibedakan dari sistem komputasi kinerja tinggi konvensional seperti komputasi cluster di mana komputer grid memiliki setiap node yang ditetapkan untuk melakukan tugas / aplikasi yang berbeda.
  3. Cloud Computing adalah ketersediaan sumber daya sistem komputer sesuai permintaan, terutama penyimpanan data dan daya komputasi, tanpa manajemen aktif langsung oleh pengguna. Istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan pusat data yang tersedia bagi banyak pengguna melalui Internet (Server). Kebanyakan cloud besar pada saat ini sering memiliki fungsi yang didistribusikan di beberapa lokasi dari server pusat.

Implementasi Komputasi Modern

Bidang Fisika

Implementasi komputasi modern di bidang Fisika adalah Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan Algoritma yang tepat. Pemahaman Fisika pada teori, eksperimen dan komputasi haruslah sebanding. Agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi atau pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika. Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan Fisika komputasi. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, seperti: MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.

Bidang Kimia

Implementasi komputasi modern di bidang Kimia adalah Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah Kimia. Contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul. Istilah Kimia teori dapat didefinisikan sebagai deskripsi Matematika untuk Kimia, sedangkan Kimia komputasi biasanya digunakan ketika metode Matematika dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat digunakan dalam program komputer. Perlu dicatat bahwa kata “tepat” atau “sempurna” tidak muncul di sini, karena sedikit sekali aspek Kimia yang dapat dihitung secara tepat. Hampir semua aspek kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi kualitatif atau kuantitatif hampiran.

Bidang Matematika

Menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan perhitungan Matematis, namun dalam pengertian yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah Matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun Algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan masalah manusia.

Bidang Ekonomi

Pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi Ekonomi dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi Ekonomi. Karena dibidang Ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh Algoritma. Contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan. Salah satu contoh komputasi di bidang Ekonomi adalah komputasi statistik. Komputasi statistik adalah jurusan yang mempelajari teknik pengolahan data, membuat program dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik, seperti: penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.

Bidang Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi dalam bidang Geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati tentang Metereologi, Klimatologi kualitas udara dan Geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.

Bidang Geologi

Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur, sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Implementasi pada bidang ini untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi yang terdapat hasil tambang.

eBay (ebay.com) – Penerapan komputasi modern pada bidang ekonomi perdagangan (e-commerce)


eBay Inc. adalah perusahaan e-commerce multinasional Amerika yang berbasis di San Jose, California, yang memfasilitasi penjualan konsumen-ke-konsumen dan bisnis-ke-konsumen melalui situs webnya. eBay didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995, dan menjadi kisah sukses yang menonjol dari gelembung dot-com. eBay adalah bisnis bernilai miliaran dolar yang beroperasi di sekitar 30 negara, pada 2011. 
Perusahaan ini mengelola situs web eBay, situs lelang dan belanja online tempat orang dan bisnis membeli dan menjual berbagai macam barang dan jasa di seluruh dunia. Situs web ini bebas digunakan untuk pembeli, tetapi penjual dikenai biaya untuk mendaftar barang jika telah melewati maksimal daftar gratis, dan juga ketika barang-barang mereka terjual. 
Website ini memiliki taktik pasar dengan memeriksa perilaku permintaan di search engine biasa atau spesial atau materi berbasis internet lainnya. Menganalisis penelitian, data, atau teknologi untuk mengerti maksud dari user, dan mengevaluasi hasil untuk mengoptimalkan pemasaran yang sedang berjalan.
Cara kerja lelang di website eBay sama seperti lelang biasa, yaitu penjual menyebutkan harga awal dan calon pembeli akan menawar terhadap pembeli lain. Anda dapat menonton item untuk melihat bagaimana penawaran berlangsung. Ketika waktu penawaran harga berakhir, penawar tertinggi memenangkan item dan menyelesaikan pembelian.

Tampilan Homepage Website:
Tampilan pada saat pelelangan berlangsung:

Kelebihan dari eBay:
  • Kemudahan penggunaan. Alat penjualan, daftar, dan inventaris eBay yang mudah digunakan memudahkan untuk menjual produk Anda di situs - dan melakukannya dengan cepat.
  • Akses langsung ke jutaan pelanggan potensial. Di eBay, yang memiliki lebih dari 149 juta pembeli aktif yang berlokasi di seluruh dunia. Hal ini otomatis membuat penjual dan pembeli memiliki pilihan yang jauh lebih banyak daripada website e-commerce yang lain.
  • Jangkauan global. Penjual dapat membuat toko yang menjangkau pasar internasional tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapat fasilitas tersebut.
Kekurangan dari eBay:
  • eBay memiliki jutaan pengguna aktif, dan dengan begitu banyak penjual cenderung menghadapi persaingan ketat ketika menjual produk-produk populer. Penjual harus mengevaluasi apakah mereka dapat mengalahkan harga mereka atau menawarkan penawaran yang lebih baik daripada pesaing lain.
  • Biaya adalah salah satu tembok besar yang membuat penjual eCommerce tidak berekspansi ke eBay. Jika margin keuntungan penjual sangat rendah, penjual mungkin tidak mendapat untung dari menjual produk tertentu, terutama ketika ada banyak persaingan untuk item tertentu. Penjual biasanya membayar 10 persen dari harga jual, dengan biaya maksimum $ 250 - meskipun biaya upgrade dapat menambah lebih banyak biaya.
  • Di eBay, penjual beroperasi di bawah seperangkat aturan yang diberlakukan, dan penjual tidak memiliki kendali sebanyak aspek bisnis tertentu, seperti kebijakan pengembalian penjual. Penjual harus beroperasi dalam sistem spesifik yang telah diatur eBay untuk menangani hal-hal tertentu, seperti pengembalian, pengembalian uang, customer service, dan banyak lagi.
Kesimpulan:
Bagi sebagian besar penjual online, kelebihan berjualan di eBay lebih besar daripada yang kontra, dan itu layak untuk dipertimbangkan. Untuk ebay.com, penerapan komputasi modern sudah secara menyeluruh dimana terdapat fitur layanan pemesanan secara online, dan juga lelang online yang keduanya menggunakan metode komputasi modern. System layanan pada website ebay.com sudah mengandung unsur-unsur penerapan komputasi modern, proses pada layanan diproses oleh kemampuan computer seperti pada proses pelelangan. Total harga yang ditawarkan akan dikonversi tergantung pada mata uang masing-masing penawar. Website akan mengkomputasi harga penawaran terbesar dari total penawar secara realtime dan menentukan pemenang lelang tersebut. Lalu dalam jangka waktu tertentu proses pelelangan akan berhenti dan penawar terbesar akan diinfokan.


Sumber Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transmisi Synchronous dan Transmisi Asynchronous

Transmisi suatu aliran bit dari satu perangkat ke perangkat yang lain sepanjang jalur transmisi melibatkan kerja sama dan kesesuaian antara kedua perangkat. Salahsatu persyaratan terpenting untuk itu adalah sikronisasi. Receiver harus mengetahui berapa rate pada posisi dimana bit tersebut yang diterima sehingga dapat memeriksa jalur pada interval reguler untuk menentukan nilai setiap bit yang diterima. Ada dua teknik yang paling umum digunakan untuk tujuan ini yaitu Synchronous dan Asynchronous. Transimisi Synchronous Merupakan suatu pengiriman data yang dikirim dengan kecepatan tinggi dan data yang dikirim pada block, dimana setiap block data akan dicek ulang oleh Block Check Character (BCC) . Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan yang tinggi. Data yang dikirimkan berupa satu blok data . Sinkroniasi terjadi dengan cara mengirimkan pola data tertentu antara pengirim dan penerima. Panjang blok tersebut bisa terdiri dari bit-bit yang begitu banyak. Un

Multiplexing dan Teknik-Tekniknya

Multiplexing adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal dan  menghemat pemakaian jumlah fisik suatu perantara informasi. Teknik-Teknik Multiplexing Teknik Multiplexing yang umum digunakan adalah : a. Time Division Multiplexing (TDM) Adalah dengan cara menggunakan satu saluran secara bergantian, tiap pelanggan di beri jatah waktu(time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi dapat dikirim melalui satu saluran secara bersama sama. Pergantian Time slot adalah sebesar 125 microsecond. Digunakan ketika data rate dari medium melampaui data rate dari sinyal digital yang ditransmisi. Sinyal digital yang banyak (atau sinyal analog yang membawa data digital) melewati transmisi tunggal dengan cara pembagian porsi yang dapat berupa level bit atau dalam blok –blok byte atau yang lebih besar dari tiap sin

Definisi Sistem Politik menurut Gabriel Almond dan David Easton

Jika kita mencari definisi sistem politik, maka akan didapati beberapa literatur yang berbeda beda dalam menjelaskan apa itu sistem politik. Hal ini dikarenakan para ahli memiliki pandangan dan pendapatnya masing masing. GABRIEL ALMOND Menurut Almond, sistem politik adalah merupakan sistem interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka. Sistem itu menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Almond menggunakan pendekatan perbandingan dalam menganalisa jenis sistem politik, yang mana harus melalui tiga tahap, yaitu:  Tahap mencari informasi tentang subjek. Ahli ilmu politik memiliki perhatian yang fokus kepada sistem politik secara keseluruhan, termasuk bagian-bagian (unit-unit), seperti badan legislatif, birokrasi, partai, dan lembaga-lembaga politik lain.  Memilah-milah informasi yang didapat pada tahap satu berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan begitu dapat diketahui perbedaan suatu sistem politik yang satu dengan sistem politik yang lain.  Dengan menganalisa hasil p