Langsung ke konten utama

Penerapan Komputasi Modern di Lingkungan Perusahaan dan Sejarah Komputasi Modern serta Ciri – Ciri Komputasi Modern

Pada Artikel ini saya akan memberikan pendapat saya mengenai pengimplementasian salah satu metode komputasi modern, yaitu Cloud Computing. Cloud Computing sendiri merupakan sebuah solusi layanan penyimpanan data yang kian marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia. Pada kasus ini, perusahaaan Tesla menggunakan cloud computing untuk pengaplikasian mobil kemudi otomatis (self driving car) yang saat ini sedang terkenal.

Artikel:
https://doveltech.com/innovation/cars-in-the-cloud/


Menjadi nama yang umum dengan memelopori dan menjadi pemimpin dalam industri kendaraan listrik, Tesla telah memperluas cakrawala dalam memproduksi dan menjual baterai dan teknologi panel surya. Tesla, seorang pelopor teknologi, berdedikasi dalam perlombaan untuk menciptakan dan memasarkan mobil otonom. Apa langkah selanjutnya bagi mereka? Ada minat yang mendalam pada kecerdasan buatan, sedemikian rupa sehingga pendiri dan CEO bisnis Elon Musk secara terbuka mengungkapkan pekerjaan perusahaan dalam menciptakan perangkat keras AI sendiri.

Karena Tesla telah mengoptimalkan wilayahnya di dunia teknologi, itu adalah kenyataan bahwa mereka saat ini menggunakan cloud dan AI untuk kemampuan mengemudi mandiri. "Algoritma Berpikir" untuk perangkat lunak autopilot menjadi lebih berkembang sehingga segera mobil Elon Musk akan sepenuhnya mandiri menyetir. Apa dampak dari teknologi canggih seperti itu? Sudah ada satu kecelakaan fatal yang dilaporkan dari penggunaan teknologi mengemudi sendiri Tesla. Apakah autopilot diaktifkan atau tidak, semua kendaraan Tesla mengirim data ke cloud. Beberapa tahun yang lalu, ada insiden di mana ada overheating yang menyebabkan masalah dalam operasi mesin. Untuk memperbaiki masalah ini, perangkat lunak diluncurkan untuk memperbaiki masalah. Seiring kemajuan teknologi yang meningkat, ada lebih banyak peluang untuk kemunduran. Tetapi tanpa hambatan itu, tidak akan ada pertumbuhan. Ancaman lain terhadap Tesla termasuk peretas. Seperti semua pengguna cloud, Tesla menghadapi risiko dari keamanan siber.

Tidak mengherankan, Tesla sudah mengalami pelanggaran di akun cloud Amazon mereka. Tidak jelas apakah itu satu peretas atau sekelompok peretas, tetapi menurut peneliti keamanan, peretasan itu digunakan untuk "menambang" cryptocurrency sementara akibatnya mengekspos data hak milik. Ditemukan bahwa kredensial Tesla ditemukan di konsol admin tanpa jaminan tanpa perlindungan kata sandi. Melalui lingkungan Tesla, peretas dapat menjalankan skrip yang memungkinkan mereka untuk menambang koin digital dengan biaya Tesla. Untuk menyembunyikan jejak mereka, pencuri mengurangi penggunaan CPU dan menutupi alamat Internet mereka di belakang layanan pengiriman konten.

Tesla tidak sendirian pada mereka yang menjadi korban peretas. Uber juga baru-baru ini mengalami pelanggaran yang mengekspos 57 juta data pemegang akun. Peretas dapat memperoleh akses ke data akun cloud Uber Amazon ketika dibiarkan terbuka di situs web berbagi kode bernama Github. Meskipun tidak dapat dihindari bahwa bencana seperti awan yang dikompromikan akan terjadi, tetapi penting bagi perusahaan untuk mengumumkan kemalangan mereka secara publik. Untuk Uber, mereka jatuh ke air panas ketika mereka gagal melaporkan pelanggaran mereka yang melibatkan jutaan pelanggan mereka.

Beruntung bagi Tesla, mereka melaporkan bahwa dampaknya tidak berpengaruh pada privasi pelanggan, keselamatan kendaraan, atau keamanan dengan cara apa pun. Namun, itu menimbulkan pertanyaan apakah konsumen akan aman jika niat seorang hacker adalah untuk membajak cloud yang mengendalikan mobil otonom mereka. Keamanan terus menjadi perhatian utama terkait komputasi awan. Terutama ketika infrastruktur cloud menjadi lebih terintegrasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, keamanan dan keselamatan menjadi pemain utama dalam hal apakah produk dan layanan akan berhasil. Upaya terus dilakukan untuk memastikan konsumen terlindungi sambil menjaga integritas bisnis.

Sejarah Komputasi Modern yang Berhubungan dengan Perkembangan Hardware.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC:
  1. Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
  2. Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
  3. Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
  4. The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
  5. Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).

Macam – Macam Komputasi Modern

Jenis-Jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut:
  1. Mobile computing                                                                                            Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya. 
  2. Grid computing                                                                                                  Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
    1. Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
    2. Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
    3. Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
  3. Cloud computing                                                                                                Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Perbedaan antara komputasi mobile, grid, dan cloud:

  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

Persamaan antara komputasi mobile, komputasi grid, dan komputasi cloud, penjelasanya sebagai berikut :

  • Ketiganya merupakan metode untuk melakukan komputasi, pemecahan masalah, dan pencarian solusi.
  • Ketiganya memerlukan alat proses data yang modern seperti komputer, laptop atau telepon genggam untuk menjalankannya.

Sumber Referensi:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transmisi Synchronous dan Transmisi Asynchronous

Transmisi suatu aliran bit dari satu perangkat ke perangkat yang lain sepanjang jalur transmisi melibatkan kerja sama dan kesesuaian antara kedua perangkat. Salahsatu persyaratan terpenting untuk itu adalah sikronisasi. Receiver harus mengetahui berapa rate pada posisi dimana bit tersebut yang diterima sehingga dapat memeriksa jalur pada interval reguler untuk menentukan nilai setiap bit yang diterima. Ada dua teknik yang paling umum digunakan untuk tujuan ini yaitu Synchronous dan Asynchronous. Transimisi Synchronous Merupakan suatu pengiriman data yang dikirim dengan kecepatan tinggi dan data yang dikirim pada block, dimana setiap block data akan dicek ulang oleh Block Check Character (BCC) . Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan yang tinggi. Data yang dikirimkan berupa satu blok data . Sinkroniasi terjadi dengan cara mengirimkan pola data tertentu antara pengirim dan penerima. Panjang blok tersebut bisa terdiri dari bit-bit yang begitu banyak. Un

Multiplexing dan Teknik-Tekniknya

Multiplexing adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal dan  menghemat pemakaian jumlah fisik suatu perantara informasi. Teknik-Teknik Multiplexing Teknik Multiplexing yang umum digunakan adalah : a. Time Division Multiplexing (TDM) Adalah dengan cara menggunakan satu saluran secara bergantian, tiap pelanggan di beri jatah waktu(time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi dapat dikirim melalui satu saluran secara bersama sama. Pergantian Time slot adalah sebesar 125 microsecond. Digunakan ketika data rate dari medium melampaui data rate dari sinyal digital yang ditransmisi. Sinyal digital yang banyak (atau sinyal analog yang membawa data digital) melewati transmisi tunggal dengan cara pembagian porsi yang dapat berupa level bit atau dalam blok –blok byte atau yang lebih besar dari tiap sin

Definisi Sistem Politik menurut Gabriel Almond dan David Easton

Jika kita mencari definisi sistem politik, maka akan didapati beberapa literatur yang berbeda beda dalam menjelaskan apa itu sistem politik. Hal ini dikarenakan para ahli memiliki pandangan dan pendapatnya masing masing. GABRIEL ALMOND Menurut Almond, sistem politik adalah merupakan sistem interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka. Sistem itu menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Almond menggunakan pendekatan perbandingan dalam menganalisa jenis sistem politik, yang mana harus melalui tiga tahap, yaitu:  Tahap mencari informasi tentang subjek. Ahli ilmu politik memiliki perhatian yang fokus kepada sistem politik secara keseluruhan, termasuk bagian-bagian (unit-unit), seperti badan legislatif, birokrasi, partai, dan lembaga-lembaga politik lain.  Memilah-milah informasi yang didapat pada tahap satu berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan begitu dapat diketahui perbedaan suatu sistem politik yang satu dengan sistem politik yang lain.  Dengan menganalisa hasil p