Langsung ke konten utama

Internet of Things Di Dunia

Apa itu Internet of Things?

Internet of Things adalah jaringan dari benda-benda yang saling terhubung satu sama lain melalui internet, dan berkomunikasi secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Mengapa mesti tanpa campur tangan manusia? Karena di satu sisi banyak hal di dunia ini yang akan sangat berguna bila kita amati dan rekam fenomenanya, namun disisi lain manusia punya keterbatasan untuk mengamati banyak hal dan dalam waktu yang lama terus menerus. Maka harus ada alat-alat yang dapat menangkap suatu gejala dan mencatat setiap perubahan gejala tersebut. Selain itu, akan sangat efisien bila hasil pencatatan suatu gejala itu dapat diamati secara real-time dan datanya dapat segera dianalisis untuk pengambilan keputusan. Lebih jauh lagi, bila beberapa keputusan sederhana dari suatu gejala dapat langsung dieksekusi tanpa harus menunggu umpan balik dari manusia.

Ada tiga komponen penting yang harus ada dalam perangkat IoT :
1.    Sensor
2.    Konektivitas
3.    Kontrol


Sensor
Sensor diperlukan oleh sebuah perangkat IoT untuk dapat menangkap suatu gejala alam, misalnya suhu, tekanan, getaran, suara, cahaya dan lain-lain.

Konektivitas
Konektivitas diperlukan agar perangkat tersebut dapat berkomunikasi dengan perangkat lain.

Kontrol
Kontrol menjadi bagian utama dalam IoT, agar ia dapat membaca nilai sensor, mengirim dan menerima data dari dan ke media penyimpanan dan juga melakukan serangkaian respon berdasarkan data yang didapat.


Pertama Kali Internet of Things Didengungkan


Referensi pertama tentang IoT ada pada tahun 1982, ketika para peneliti di Universitas Carnegie Mellon mengembangkan sebuah Mesin Coke. Mesin ini mencatat berapa banyak botol yang tersisa dan mengukur apakah minuman sudah dingin atau belum. Programmer tim pengembang mesin tersebut menyematkan sakelar mikro di dalamnya dan juga menulis program server untuk mencatat sudah berapa lama masingmasing botol tersimpan ada di dalam mesin pendingin sehingga mereka tahu apakah minuman tersebut sudah cukup lama untuk menjadi dingin.

Yang membuat mesin ini begitu istimewa sehingga banyak orang menimbang untuk menganggap mesin ini sebagai mesin IoT pertama, adalah karena mesin ini terkoneksi dengan internet. Siapapun dapat mendapatkan semua data tentang minuman coke pada mesin tersebut dari komputer mana saja yang terkoneksi dengan internet, tidak terbatas hanya untuk komputer yang ada di universitas tersebut. Bagi mahasiswa yang belajar disana, mereka melihat hal ini sebagai hal yang cukup bermanfaat buat mereka, karena berarti mereka tidak harus berjalan menuju mesin minuman ini untuk sekedar memastikan apakah minumannya masih ada atau mereka harus menunggu sedikit lebih lama supaya dapat minuman yang sudah dingin. Untuk orang luar universitas mungkin hal ini tidak terlalu berguna, tapi ini adalah wawasan yang bagus untuk mereka dan menjadi gambaran tentang bagaimana teknologi akan berkembang kedepannya.

Contoh Teknologi Internet of Things

Health Bracelet

Gelang kesehatan dapat memantau kesehatan anda, gelang kesehatan juga dapat memantau detak jantung pemakai, terutama untuk orang yang mempunyai penyakit jantung, gelang kesehatan akan memberikan perintah untuk istirahat jika si pengguna yang menderita penyakit jantung mulai merasakan sakit. Gelang Kesehatan ini mempunya banyak fitur dan akses yang mudah karena selalu tersambung dengan benda apapun yang menggunakan Internet, bahkan Dokter pun lebih mudah memeriksa kesehatan kita dengan memeriksa data dari gelang kita.

Home Automation / Smart Home

Perusahaan Webee Smart membuat alat untuk mengendalikan seisi rumah hanya dengan sebuah smartphone. Konsep yang dipakai Smart Home ini adalah Internet of Things. Kita bisa meredupkan, mematikan, dan menyalakan lampu dari smartphone. Kita bisa mengunci semua pintu, membuat kopi, mengatur suhu ruangan dengan menggunakan remot yang disediakan.


Perkembangan Internet of Things di Dunia




Berdasarkan prediksi Cisco bahwa pada 2020 akan ada lebih dari 50 milyar benda atau perangkat di seluruh dunia yang akan terhubung dengan internet. Bahkan menurut America Online lebih besar lagi, akan ada sekitar 200 milyar perangkat yang akan terhubung dengan internet di tahun 2020.
Jikalau prediski Cisco benar, maka pada tahun 2020 nanti jumlah perangkat Internet of Things sudah 8 kali lipat dari jumlah penduduk dunia. Era baru dengan konektivitas yang masif akan segera ada di depan mata kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transmisi Synchronous dan Transmisi Asynchronous

Transmisi suatu aliran bit dari satu perangkat ke perangkat yang lain sepanjang jalur transmisi melibatkan kerja sama dan kesesuaian antara kedua perangkat. Salahsatu persyaratan terpenting untuk itu adalah sikronisasi. Receiver harus mengetahui berapa rate pada posisi dimana bit tersebut yang diterima sehingga dapat memeriksa jalur pada interval reguler untuk menentukan nilai setiap bit yang diterima. Ada dua teknik yang paling umum digunakan untuk tujuan ini yaitu Synchronous dan Asynchronous. Transimisi Synchronous Merupakan suatu pengiriman data yang dikirim dengan kecepatan tinggi dan data yang dikirim pada block, dimana setiap block data akan dicek ulang oleh Block Check Character (BCC) . Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan yang tinggi. Data yang dikirimkan berupa satu blok data . Sinkroniasi terjadi dengan cara mengirimkan pola data tertentu antara pengirim dan penerima. Panjang blok tersebut bisa terdiri dari bit-bit yang begitu banyak. Un

Multiplexing dan Teknik-Tekniknya

Multiplexing adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal dan  menghemat pemakaian jumlah fisik suatu perantara informasi. Teknik-Teknik Multiplexing Teknik Multiplexing yang umum digunakan adalah : a. Time Division Multiplexing (TDM) Adalah dengan cara menggunakan satu saluran secara bergantian, tiap pelanggan di beri jatah waktu(time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi dapat dikirim melalui satu saluran secara bersama sama. Pergantian Time slot adalah sebesar 125 microsecond. Digunakan ketika data rate dari medium melampaui data rate dari sinyal digital yang ditransmisi. Sinyal digital yang banyak (atau sinyal analog yang membawa data digital) melewati transmisi tunggal dengan cara pembagian porsi yang dapat berupa level bit atau dalam blok –blok byte atau yang lebih besar dari tiap sin

Definisi Sistem Politik menurut Gabriel Almond dan David Easton

Jika kita mencari definisi sistem politik, maka akan didapati beberapa literatur yang berbeda beda dalam menjelaskan apa itu sistem politik. Hal ini dikarenakan para ahli memiliki pandangan dan pendapatnya masing masing. GABRIEL ALMOND Menurut Almond, sistem politik adalah merupakan sistem interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka. Sistem itu menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Almond menggunakan pendekatan perbandingan dalam menganalisa jenis sistem politik, yang mana harus melalui tiga tahap, yaitu:  Tahap mencari informasi tentang subjek. Ahli ilmu politik memiliki perhatian yang fokus kepada sistem politik secara keseluruhan, termasuk bagian-bagian (unit-unit), seperti badan legislatif, birokrasi, partai, dan lembaga-lembaga politik lain.  Memilah-milah informasi yang didapat pada tahap satu berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan begitu dapat diketahui perbedaan suatu sistem politik yang satu dengan sistem politik yang lain.  Dengan menganalisa hasil p