Langsung ke konten utama

Penerapan New Media



A.   New Media
New Media adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvegensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung kedalam jaringan. Dengan kata lain, New Media merupakan sarana perantara yang baru, dlihat dari aspek waktu, manfaat, produksi dan distribusinya. Secara etimologi, new media dapat dibagi menjadi dua kata, yaitu “New” dan “Media”.
“New” berarti baru, dan “Media” berarti sarana/ perantara. Jadi, New Media merupakan langkah terbaru dari media – media yang telah ada sebelumnya. Karakternya yang berfisik digital membuat new media lebih praktis dan lebih mudah dijangkau/gunakan.


B.   Penerapan dalam Berbagai Bidang

1.    Pendidikan
New Media yang sering kita gunakan banyak yang ada di dalam internet, contohnya;
Search Engine, seperti google, bing, yahoo
Media Informasi seperti Wikipedia, Google dan juga Youtube
Penerapan new media pada zaman teknologi seperti sekarang sudah berkembang dengan sangat pesat seiring dengan teknologi di pasar. Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk, myspace dll juga sudah menerapkan new media.
Misalkan ialah myspace, dengan myspace kita bisa mengupload video, dan menshare-nya seperti pada sebuah web blog, akan tetapi blogging bukan merupakan bisnis utama dalam MySpace. Anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video streaming YouTube. MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi. Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu populer.

2.    Pemerintahan
E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah (seperti Wide Area Network, internet dan mobile computing) yang memungkinkan pemerintah untuk mentransformasikan hubungan dengan masyarakat, dunia bisnis dan pihak yang berkepentingan.

Tujuan adanya e-government adalah:
1. Pemanfaatan informasi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan kepribadian bangsa serta kesatuan dan persatuan.
2. Meningkatkan kualitas di bidang TI dan telekomunikasi

3. Membangun komunikasi antara pusat dan daerah dalam mendukung pembangunan secara timbal balik.
Manfaat e-government
1. Memperbaiki kualitas pelayanan publik sebuah kinerja pemerintahan, terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi berbagai bidang kehidupan bernegara.
2. Meningkatkan transparansi, kontrol serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance dan clean government
3. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah untuk aktivitas sehari-hari
4. Memberikan peluang pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
5. Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepa dan tepat menjawab berbagai permasalahan publik maupun global
6. Memberdayakan masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan kebijakan publik yang setara dan demokratis
7. Memperluas partisipasi publik dimana masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan atau kebijakan pemerintah.
8. Memperbaiki produktivitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
3. Medis
Dalam bidang kesehatan, komputer sangat berperan penting. Penggunaan komputer dalam bidang kesehatan tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya, tetapi juga oleh organisasi tersebut, dalam hal ini misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya. Perangkat ini secara tidak langsung dapat menolong jiwa manusia.
Komputer dapat digunakan mulai dari penyimpanan dan pengolahan data administrasi suatu rumah sakit atau klinik, hingga melakukan riset bidang kedokteran, mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.
Peranan komputer dalam bidang kesehatan sangat banyak dan penting. Sebagai contoh dalam bidang kesehatan peranan – peranan tersebut antara lain :
     Bidang Admnistrasi
     Bidang Farmasi
     Mendiagnosa suatu penyakit
     Memonitoring status pasien
     Penilitian
        New Media banyak ditemui di dalam internet dan pada bidangnya masing-masing. Misalkan dalam bidang informasi dan telekomunikasi, yaitu Facebook, Twitter dan juga Youtube. Tiga multimedia ini menurut saya merupakan media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia.
         

Walaupun ke-tiga media ini menjadi media terlaris yang digunakan saat ini, tetapi bukan berarti mereka tidak memiliki kekurangan. Contohnya;
·                          Twitter
Twitter merupakan media sosial, informasi dan telekomunikasi terbesar di dunia selain facebook dan instagram. Twitter menyediakan sarana untuk memberikan isi dan pendapat dari diri kita melalui internet. Hal seperti ini membuat banyak pertentangan antar opini-opini yang berbeda. Makanya itu kita sering mendengar apa yang disebut tweet war. Tweet war adalah keadaan dimana ada dua buah kubu yang memiliki pendapat yang saling bertolak belakang dan juga menutup kepada toleransi pendapat lain, menjadikan antar kubu saling merasa paling benar dan menggunakan pendapat itu untuk melawan pendapat yang lain. Bahkan kadang-kadang tweet war ini berujung dengan ancaman dan teror antar kedua kubu. Menurut saya hal seperti ini terjadi karena tidak adanya barrier yang menjaga cara orang berbicara dan mengeluarkan pendapat. Tidak adanya batasan – batasan ini membuat orang yang merasa tertekan akan suatu opini maupun ideologi, melakukan tindakan-tindakan yang diluar batas norma pada umumnya tanpa memntingkan rasa toleransi atas pendapat lain dan akhirnya memicu tweet war.

·                          Facebook
Sama halnya dengan facebook, hilangnya batasan-batasan norma yang ada pada dunia nyata pada dunia maya membuat orang-orang bebas berkata seenaknya sesuai dengan kemauan dan isi hati mereka tanpa memikirkan toleransi. Hal ini juga memicu terjadinya hoax yang dibuat oleh pihak tertentu yang menginginkan adanya perseteruan antar kedua bilah pihak yang saling berbeda pendapat.



·         YouTube
Kebebasan yang diberikan youtube kepada pengguna / usernya melahirkan penyalahgunaan kebebasan dalam memposting video. Contohnya video berbau kekerasan, unsur sara, pornografi dan juga perkataan-perkataan kasar.
Hal ini sangat berbahaya dikarenakan youtube tidak mempunyai batasan umur dalam penggunaanya, yang menjadikan semua orang berumur apapun dapat membuka konten tersebut. Negativisme dalam konten yang terdapat di youtube ini jika ditonton oleh orang yang tidak bisa memilah mana yang baik dan mana yang benar akan memicu orang tersebut melakukan hal yang buruk karena sudah tercuci otak dengan konten yang tidak pantas tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transmisi Synchronous dan Transmisi Asynchronous

Transmisi suatu aliran bit dari satu perangkat ke perangkat yang lain sepanjang jalur transmisi melibatkan kerja sama dan kesesuaian antara kedua perangkat. Salahsatu persyaratan terpenting untuk itu adalah sikronisasi. Receiver harus mengetahui berapa rate pada posisi dimana bit tersebut yang diterima sehingga dapat memeriksa jalur pada interval reguler untuk menentukan nilai setiap bit yang diterima. Ada dua teknik yang paling umum digunakan untuk tujuan ini yaitu Synchronous dan Asynchronous. Transimisi Synchronous Merupakan suatu pengiriman data yang dikirim dengan kecepatan tinggi dan data yang dikirim pada block, dimana setiap block data akan dicek ulang oleh Block Check Character (BCC) . Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan yang tinggi. Data yang dikirimkan berupa satu blok data . Sinkroniasi terjadi dengan cara mengirimkan pola data tertentu antara pengirim dan penerima. Panjang blok tersebut bisa terdiri dari bit-bit yang begitu banyak. Un

Multiplexing dan Teknik-Tekniknya

Multiplexing adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal dan  menghemat pemakaian jumlah fisik suatu perantara informasi. Teknik-Teknik Multiplexing Teknik Multiplexing yang umum digunakan adalah : a. Time Division Multiplexing (TDM) Adalah dengan cara menggunakan satu saluran secara bergantian, tiap pelanggan di beri jatah waktu(time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi dapat dikirim melalui satu saluran secara bersama sama. Pergantian Time slot adalah sebesar 125 microsecond. Digunakan ketika data rate dari medium melampaui data rate dari sinyal digital yang ditransmisi. Sinyal digital yang banyak (atau sinyal analog yang membawa data digital) melewati transmisi tunggal dengan cara pembagian porsi yang dapat berupa level bit atau dalam blok –blok byte atau yang lebih besar dari tiap sin

Definisi Sistem Politik menurut Gabriel Almond dan David Easton

Jika kita mencari definisi sistem politik, maka akan didapati beberapa literatur yang berbeda beda dalam menjelaskan apa itu sistem politik. Hal ini dikarenakan para ahli memiliki pandangan dan pendapatnya masing masing. GABRIEL ALMOND Menurut Almond, sistem politik adalah merupakan sistem interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka. Sistem itu menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Almond menggunakan pendekatan perbandingan dalam menganalisa jenis sistem politik, yang mana harus melalui tiga tahap, yaitu:  Tahap mencari informasi tentang subjek. Ahli ilmu politik memiliki perhatian yang fokus kepada sistem politik secara keseluruhan, termasuk bagian-bagian (unit-unit), seperti badan legislatif, birokrasi, partai, dan lembaga-lembaga politik lain.  Memilah-milah informasi yang didapat pada tahap satu berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan begitu dapat diketahui perbedaan suatu sistem politik yang satu dengan sistem politik yang lain.  Dengan menganalisa hasil p